Friday, March 26, 2010

KBB#16 Chiffon Cake

Ini pengalaman pertama saya dalam tantangan KBB. Tema KBB # 16 = Made in Indonesia, Chiffon Cake.

Udah lama banget gak bikin kue chiffon, sampe udah gak inget lagi kapan terakhir saya manggang kue ini.
Kue Chiffon ini juga adalah kue pertama yang saya bisa buat sendiri dulu, waktu saya masih SMA. Resep andalan saya chiffon coklat dari buku Yasa Boga (bukunya lagi nyelip kemana gak tau nih sekarang).
Sebelum bisa bikin sendiri dan sebelum saya suka baking, kita suka pesen chiffon lemon sama tetangga saya yang persis di sebelah rumah, Ibu Arnil (Alm). Chiffon-nya beliau enaaaak, lemonnya berasa banget. Sayang saya gak pernah hang out bareng di dapur sama beliau, masakannya enak-enak juga.


Nah, ini terlampir resep yang saya pakai untuk bikin chiffon kali ini (dari Yasa Boga juga)

Bahan A:

7 putih telor
100 gr gula pasir
1/2 sdt cream of tar tar


Bahan B:

150 gr gula pasir
150 gr terigu
1 sdt baking powder
40 gr green tea powder larutkan bersama 125ml susu cair
100 ml minyak sayur
7 kuning telur


Cara:
  • Panaskan oven dengan suhu 170 deg
  • Campur bahan kering; tepung, baking powder dalam satu wadah, buat lubang ditengahnya.
  • Masukkan kuning telor, susu cair, dan minyak sayur, aduk dengan whisk sampai rata.

  • Kocok Bahan A sampai kaku.
  • Masukkan Bahan A yang telah dikocok kaku sedikit-sedikit ke dalam campuran adonan B, aduk rata.
  • Tuang ke dalam loyang chiffon. Panggang selama 60~70 menit.
  • Balikkan loyang chiffon, tunggu sampai dingin, keluarkan kue



Note:
  • Alasi dasar Loyang dengan alumunium foil agar adonan tidak luber keluar dari dasar Loyang
  • Menurut saran teman-teman KBB sebaiknya alasi bagian dasar Loyang dengan kertas roti biar nanti gampang keluarinnya dan gak gompal di bagian bawah. (Tapi ini tidak saya lakukan waktu baking chiffon ini)
  • Kalau di resep asli sarannya dipanggang 50 menit dengan suhu 160, lalu 10 menit terakhir gunakan suhu 180. Waktu baking chiffon ini saya setting di suhu 170 tapi bablas sampe 200 jadi baru setengah jalan si chiffonnya merekah, seperti muffin. Saya kembalikan ke 170 sampai akhir pemanggangan tanpa dinaikkan lagi suhunya. Pas di keluarin dari oven, permukaannya rata lagi sih, tapi rekahannya tetap ada.


dan ini logo lulus tantangan KBB kali ini:

2 comments:

  1. ya ampun, enak bgt keliatannya...hmmmm.....mandan bgt rasanya pasti....

    ReplyDelete
  2. beli green tea powdernya dimana ci

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails